Bisnis

Cara Mengajari Bisnis Pada Anak

Cara Mengajari Bisnis Pada Anak

Comunitagiovanile – Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Sebuah pepatah yang menunjukkan kemiripan anak dengan orang tuanya. Bahkan di balapan nanti.

Umumnya, jika orang tua adalah seorang pengusaha atau memiliki bisnis, mereka akan mewariskannya kepada anak-anak mereka. Orang tua nantinya akan mewariskan ilmu dan bisnisnya kepada anak-anaknya agar mereka bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Anak-anak mungkin sudah memiliki bakat bawaan dari orang tua yang berwirausaha. Namun bakat ini juga harus dilatih sejak kecil, salah satunya untuk mengenalkan dan mengajarkan bisnis kepada anak-anak.

Dengan demikian, bisnis menjadi bidang yang disukai atau diminati anak-anak, mereka memiliki keinginan yang besar untuk mengikuti jejak orang tua sebagai wirausahawan dan tentunya memiliki pengalaman di bidang bisnis yang akan mereka geluti. .

1. Ajari anak-anak untuk mendapatkan uang

Ajarkan anak bermental dan berwirausaha sejak dini, yaitu menjual produk untuk mendapatkan uang. Dengan cara ini anak-anak tidak hanya bersenang-senang belajar tentang bisnis.

Misalnya, menerima pesanan kue dari orang lain, membuat kerajinan anak untuk dijual, atau menjual baju bekas yang aman untuk dipakai di rumah. Karena berjualan di tempat sekitar rumah pasti bisa mengajak anak-anak untuk ikut berjualan.

2. Ajari anak untuk mengatur keuangannya

Jika Anda memiliki bisnis dan menghasilkan uang, anak Anda akan tahu bahwa menghasilkan uang itu tidak mudah. Dengan demikian, memberikan pemahaman kepada anak Anda tentang menghargai uang dengan mengelolanya dengan baik dan benar.

Tidak hanya untuk kebutuhan hari ini, tetapi juga untuk kebutuhan esok hari. Ajari anak untuk mengelola keuangan, seperti mendanai kebutuhan sehari-hari, perlindungan, tabungan, investasi dan amal.

Jelaskan kepada anak-anak perbedaan antara kebutuhan dan keinginan akan keuangan mereka. Ajari anak untuk membuat daftar kebutuhan, perkiraan anggaran, sehingga menjadi simulasi yang sederhana dan menarik untuk anak Anda.

Dengan demikian, anak dapat mengenali kebutuhan sejak dini dan mengendalikan keinginan sejak dini. Jadi begitu mereka menjalankan bisnis nyata di masa depan, anak-anak akan terbiasa menetapkan prioritas dalam mengelola keuangan bisnis.

3. Ajari anak membuat rencana bisnis

Anda bisa bertanya kepada anak-anak tentang ide bisnis yang mereka miliki. Atau mungkin anak Anda mewariskan ide bisnis kepada Anda. Jadi Anda bisa membimbing anak Anda untuk membuat rencana bisnis.

Misalnya berjualan es krim buah di depan rumah. Artinya mulai menyusun, bahan baku dan peralatan yang diperlukan, hingga perkiraan modal. Anda bisa mengajari anak menabung dan mengumpulkan modal usaha.

Bahkan Anda juga memberikan dukungan dengan modal tambahan dari pihak Anda agar anak-anak bisa mewujudkan ide bisnisnya. Anak-anak pasti senang dan bersemangat mengoperasikannya.

4. Ajari anak mengatasi kegagalan

Setiap usaha atau bisnis pasti ada pasang surutnya. Jika tidak ada yang membeli bisnis es krim buah misalnya, anak pasti akan merasa sedih. Namun, anak-anak juga perlu memahami bahwa menjalankan bisnis tidak selalu menjual atau selalu menguntungkan.

Terkadang mereka menderita kerugian. Dalam kondisi seperti itu, Anda bisa mengajari anak mengatasi kegagalan. Misalnya mengajak anak mempromosikan es krim buah ke tetangga, keluarga atau teman sekolah, teman bermain di rumah.

Jadi Anda memberi contoh bahwa jika Anda gagal, jangan langsung menyerah, tetapi cari solusi. Agar anak anda memiliki mental baja untuk menjadi seorang wirausaha nantinya.

5. Mendampingi dan memberikan dukungan dan motivasi kepada anak

Dengan melakukan bisnis yang menghasilkan uang, anak akan merasa bosan dan lelah. Tugas Anda adalah selalu mendampingi, memberikan dukungan dan motivasi agar anak tetap selaras dengan rencana bisnis yang telah dibuat.

Ini mungkin memberi Anda istirahat dari penjualan selama satu atau dua hari. Tapi dia tidak mengizinkannya untuk melanjutkan, agar tidak malas. Buat anak-anak mengerti bahwa apa yang mereka lakukan sekarang sangat baik dan berguna untuk masa depan.

Baca juga:

Cara mengajarkan anak untuk menabung

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membangun Bisnis dengan Saudara

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membangun Bisnis dengan Saudara

Comunitagiovanile – Berbicara tentang bisnis, teman – teman mungkin akan sangat membutuhkan partner untuk dapat saling mendukung, mulai dari ide hingga masalah permodalan. Mitra bisnis bisa berasal dari rekan dekat, misalnya kakak dan adik. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa berbisnis dengan teman – teman itu mudah, tetapi beberapa orang menghindarinya. Ini karena seringnya konflik dalam keluarga yang mengarah pada bisnis. Konflik adalah fakta, bukan? Tapi ini masih bisa diharapkan dengan memahami cara terbaik memulai bisnis dengan teman – teman.

Berbisnis dengan saudara dan berurusan dengan orang yang tidak memiliki ikatan keluarga tentu berbeda. Mengenal satu sama lain tidak berarti kita bisa menghindari konflik. Terkadang, konflik keluarga dapat muncul dalam bisnis atau sebaliknya. Kalau begini pasti ribet, kita bisa kehilangan rekan bisnis dan hubungan kalian bisa putus. Kasihan, jangan biarkan itu terjadi! Nah ada tips untuk hipway itu, bagaimana cara memulai bisnis bersama keluarga. Ini sangat penting bagi mereka yang sedang mencari rekan bisnis, teman – teman mungkin berpikir untuk mengajak saudara teman – teman melakukan hal yang sama.

1. Saling Berdiskusi Menyamakan Visi dan Misi

Menyelenggarakan acara bisnis dari awal untuk membangun relasi sebagai mitra bisnis. Mulai dari pemilihan ide, merancang visi dan misi hingga mengembangkan strategi bisnis untuk masa depan. Pastikan semuanya dibahas dengan benar, ya praktikkan perselisihan jika ada perselisihan. Sebab, inilah awal perjalanan bisnis teman – teman.

2. Membuat Pembagian Tugas yang Jelas

Pembagian pekerjaan hanya dibagi atas dasar kompetensi masing-masing, sehingga semuanya memiliki peran praktis dalam bisnis. Penting untuk menjelaskan posisi dan uraian tugas dari awal, karena hal ini sering menimbulkan kesalahpahaman yang berujung pada konflik.

3. Menyepakati Mengenai Keuntungan, Gaji, dan Lainnya

Ini adalah salah satu penyebab konflik yang paling umum. Seringkali, ada orang yang merasa tidak adil atau tidak mampu. Keuntungan, gaji, dan distribusi keuangan, seperti beban kerja, persentase, atau faktor lain, harus disepakati secara detail sejak awal. Kesepakatan awal hendaknya tidak menjadi beban atau kewajiban di satu sisi.

4. Membuat Perjanjian Hukum

Setelah semua kesepakatan dibuat, taruh semua hal ini dalam kesepakatan yang sah secara hukum. Berbisnis dengan saudara dan saudara teman – teman tidak berarti teman – teman bisa menganggap enteng ini. Perjanjian hukum mengharuskan teman – teman dan saudara teman – teman bersikap profesional. Oleh karena itu, setiap orang harus mengelola bisnis secara terbuka dan tidak bertindak sendiri.

5. Menjalani Hubungan dan Komunikasi yang Baik

Hubungan ini sangat penting dalam bisnis. Komunikasi yang baik terutama saat ada masalah adalah komunikasi terbuka. Komunikasi juga berdampak besar pada pengambilan keputusan, sehingga hubungan yang buruk dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang tidak tepat. Meskipun teman – teman berbisnis dengan saudara yang memahami semua hal internal dan eksternal, namun komunikasi tetap menjadi hal terpenting, karena teman – teman semua sudah menjadi mitra dan tim yang ingin rukun dalam berbisnis.

6. Bersikap Profesional

Bekerja dengan saudara-saudari, terutama jika teman – teman memiliki bisnis sendiri, teman – teman merasa dapat bergerak dengan bebas. Tapi ini bukanlah sebuah profesi. Meski mungkin tidak mudah membedakan jam kerja dengan jam keluarga, tidak jarang diskusi keluarga berlangsung di kantor. Pada akhirnya, bisa jadi sulit untuk menjadi saudara laki-laki atau perempuan.
Nah, itulah beberapa hal yang bisa teman – teman lakukan untuk membantu mempermudah jalannya. Berbisnis memang tidak mudah, tetapi hidup bersama teman – teman bisa jadi mudah.

Sumber:

Blog Tentang Bisnis Online

7 Tools Facebook Marketing Gratis

7 Tools Facebook Marketing Gratis

Comunitagiovanile – Anda sudah mengetahui strategi pemasaran di Facebook. Untuk hasil terbaik, ada beberapa alat pemasaran Facebook gratis yang dapat membantu Anda dengan mudah.

Alat-alat tersebut adalah:

1. Facebook Messenger

Facebook Messenger adalah salah satu alat pemasaran Facebook gratis yang dapat Anda manfaatkan dengan baik. Beberapa fitur Messenger ini antara lain koleksi GIF dan emoji yang menarik untuk membuat komunikasi lebih rileks. Tidak hanya itu, Anda juga dapat dengan mudah membagikan lokasi acara yang Anda selenggarakan.

Penggunaan messenger sangat penting. Menurut data Buffer, 63% pengguna merespons secara positif kenyamanan komunikasi langsung dengan penjual.

Dari perspektif bisnis, menggunakan Facebook Messenger dapat meningkatkan tingkat konversi (pembelian) sebanyak 5 kali lipat.

Artikel Lainnya: Cara Top Up Gopay Gratis Admin

2. Facebook Ads Manager

Jika Anda berencana untuk beriklan menggunakan Facebook, Pengelola Iklan Facebook adalah alat yang Anda perlukan. Pengelola Iklan Facebook adalah pusat untuk mengelola semua iklan yang Anda miliki. Baik saat membuatnya maupun saat memantau iklan yang dipasang.

Jika iklan yang Anda buat tidak cocok, Anda dapat dengan mudah mengeditnya. Tidak hanya itu, alat ini juga dilengkapi dengan pelaporan real-time untuk memastikan iklan yang ditampilkan memenuhi tujuan pemasaran Anda.

3. DrumUp

DrumUp adalah alat pemasaran Facebook yang populer dengan lebih dari 60.000 pengguna, termasuk nama-nama besar seperti Forbes dan Pengusaha. Alat ini dapat membantu Anda membuat konten postingan yang menarik. DrumUp akan menganalisis berbagai konten yang ditemukan yang paling sesuai dengan jenis bisnis Anda. Kemudian Anda akan mendapatkan rekomendasi tentang topik konten yang relevan untuk posting atau iklan tersebut. Dengan cara ini Anda dapat menghemat waktu melakukan penelitian Anda sendiri.

4. Mobile Monkey

Mobile Monkey adalah alat pemasaran Facebook yang komprehensif. Apakah Anda ingin menciptakan keterlibatan yang lebih baik dengan pelanggan Anda? Mobile Monkey dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk tujuan ini. Mobile Monkey adalah platform obrolan pemasaran yang dapat digunakan untuk inisiatif pemasaran melalui Facebook. Anda bisa menggunakan alat ini dengan gratis namun tentunya dengan berbagai batasan penggunaan.

Beberapa fitur dari Mobile Monkey adalah Chat Blaster. Fitur ini memungkinkan Anda mendistribusikan informasi secara besar-besaran melalui obrolan.

5. AgoraPulse

AgoraPulse tidak dibuat hanya untuk pemasaran Facebook. Namun, beberapa alatnya dapat secara optimal mendukung upaya pemasaran Anda secara gratis. Apa pun? Laporan iklan akan membantu Anda menganalisis keberhasilan iklan Facebook Anda. Dengan fitur informasi real-time, Anda akan mengetahui lebih cepat apa saja yang perlu ditingkatkan dengan upaya promosi tersebut.

Untuk menggunakan lebih banyak alat dan lebih banyak pengguna, Anda perlu berlangganan ke versi premium AgoraPulse dengan biaya $ 79 / bulan.

6. Karma FanPage

Jangan tertipu dengan nama yang digunakan. Faktanya, Karma FanPage adalah alat pemasaran Facebook yang kuat dengan 600.000 pengguna di seluruh dunia. FanPage Karma memiliki versi gratis untuk pengguna Facebook. Namun, Anda hanya dapat memanfaatkan fungsi analisis dan pelaporan dasar. Jika Anda membutuhkan alat pelaporan dan keterlibatan waktu nyata, Anda perlu berlangganan ke versi premium.

Anda dapat menggunakan alat ini untuk memantau aktivitas halaman Facebook dan menganalisis interaksi pengikut Anda. Tidak hanya itu, Karma FanPage juga memungkinkan Anda untuk membandingkan data dengan kompetitor.

7. SocialOomph

Jika Anda membutuhkan alat untuk penjadwalan posting yang lebih baik, Socialoomph layak untuk dilihat. Anda dapat menggunakan alat pemasaran Facebook ini secara gratis dengan fungsi terbatas. Untuk fungsionalitas penuh seperti area tim, integrasi blog untuk artikel yang merusak diri sendiri, Anda dapat membeli versi premium.

Mengenal Jenis Jenis Mata Uang Kripto

Mengenal Jenis Jenis Mata Uang Kripto

Comunitagiovanile – Berbicara tentang investasi sepertinya tidak ada habisnya. Instrumen atau produk investasi terus berkembang dan semakin terdiversifikasi. Jenis investasi ini juga semakin canggih dan cukup mudah dilakukan. Salah satu jenis investasi yang ingin dibahas oleh Akubinis.com adalah investasi cryptocurrency.

Jadi apa itu cryptocurrency? Cryptocurrency atau cryptocurrency berasal dari dua suku kata, yaitu “crypto” yang berarti kode rahasia dan “currency” yang berarti mata uang.

 

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang telah dilengkapi dengan sistem proteksi kriptografi yang terdiri dari password rahasia yang berfungsi untuk menjaga dan melindungi keamanan mata uang digital tersebut.

 

Cryptocurrency juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi, seperti pembayaran atau transfer dari satu orang ke orang lain secara online. Cryptocurrency juga dapat ditukar dengan mata uang lain seperti dolar, yen, rupee dan berbagai mata uang lainnya, baca juga kode va dana.

 

jenis cryptocurrency

Berinvestasi dalam cryptocurrency saat ini menjadi alat investasi yang sedang populer di Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Di Indonesia sendiri, ada begitu banyak jenis cryptocurrency.

 

Setiap alat investasi cryptocurrency tentunya memiliki tingkat risiko yang berbeda-beda. Selain itu, sebagian besar cryptocurrency memiliki nilai yang sangat kecil dan potensi yang tidak jelas.

 

Bahkan sebagian besar pengamat menyarankan investor untuk tetap berpegang pada cryptocurrency populer, yaitu Bitcoin dan Ethereum.

Seperti yang disebutkan di CoinMarketCap.com (per 15 Maret 2022), ini adalah jenis cryptocurrency, atau cryptocurrency populer, dengan nilai kapitalisasi pasar tertinggi:

 

  1. Bitcoin (BTC)

Nilai kapitalisasi pasar: US$901 miliar

 

Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang ada dan masih sangat populer hingga saat ini. Mata uang Bitcoin masih menjadi mata uang utama dalam hal mata uang digital.

 

Bitcoin pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 oleh seseorang yang mengaku sebagai Satoshi Nakamoto. Penciptanya masih sangat misterius dan tidak ada yang tahu apakah itu nama seseorang, kelompok atau perusahaan. Harga bitcoin telah berada di roller coaster sejak saat itu.

 

  1. Ethereum (ETH)

Nilai kapitalisasi pasar: $ 472 miliar

 

Jenis cryptocurrency berikutnya adalah Ether atau Ethereum, yang merupakan mata uang digital yang berasal dari open source dan menjadi platform perangkat lunak terdesentralisasi yang juga menciptakan cryptocurrency Ether (ETH).

 

  1. Jangkar USDT

Nilai kapitalisasi pasar: US$76 miliar

 

Tether juga dikenal sebagai stablecoin, karena dipatok pada nilai aset tertentu, dalam hal ini dolar AS. Nilai tukar Tether adalah US$ 1 per mata uang.

 

Tidak sedikit orang yang menggunakan Tether sebagai media ketika ada pedagang yang beralih dari satu jenis crypto ke jenis lainnya. Namun, tak sedikit juga yang mengkhawatirkan Tether karena tidak aman disokong oleh dolar AS yang disimpan sebagai cadangan, melainkan menggunakan utang jangka pendek tanpa jaminan.

 

4.Binance Coin (BNB)

Nilai kapitalisasi pasar: US$94 miliar

 

Jenis cryptocurrency ini diterbitkan oleh Binance, salah satu pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia. Koin, yang disebut Binance Coin, awalnya dibuat sebagai token untuk pembayaran bisnis yang didiskon.

 

Hingga saat ini, Binance Coins dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dan pembelian berbagai barang dan jasa.

 

  1. Mata Uang USD (USDC)

Nilai kapitalisasi pasar: 41 miliar dolar AS

 

Cryptocurrency ini dianggap sebagai mata uang yang stabil. Oleh karena itu, setiap koin USD dapat dikatakan didukung oleh 1 dolar AS atau aset yang setara dengan nilainya yang disimpan di berbagai rekening bank yang diatur oleh lembaga keuangan AS.

 

  1. XRP (XRP)

Nilai kapitalisasi pasar: US$39 miliar

 

Sebelum berganti nama menjadi XRP, mata uang digital ini pada awalnya dikenal sebagai Ripple dan diproduksi pada tahun 2012. XRP dapat digunakan untuk membayar transaksi dan dapat diperdagangkan dalam berbagai mata uang.

 

XRP juga dapat digunakan untuk transaksi lintas batas dan menggunakan mekanisme tanpa kepercayaan untuk memfasilitasi pembayaran.

 

  1. Bumi / Bulan

Nilai kapitalisasi pasar: US$24 miliar

 

Terra adalah platform yang membantu mendukung stablecoin berdasarkan mata uang nyata, seperti dolar atau euro. Melalui berbagai cara teknis dan dukungan kontrak cerdas, Terra juga membantu menstabilkan harga stablecoin. Nama koinnya disebut Luna.

 

  1. Cardano (ADA)

Nilai kapitalisasi pasar: US$42 miliar

 

ADA adalah platform yang dibuat oleh pendiri Ethereum, yang juga menggunakan kontrak pintar dan manajemen identitas yang diaktifkan. Cryptocurrency disebut Cardano.

 

  1. Matahari (SUN)

Nilai kapitalisasi pasar: $53 miliar